Dirjen Hortikultura Kementan Luncurkan Horti Mart

By Admin

Foto/Istimewa   

nusakini.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Spudnik Sujono secara resmi membuka Horti Mart yang berpusat di belakang Kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Konsumen akan lebih mudah mendapatkan komoditas hortikultura, khususnya keperluan dapur dengan harga yang terjangkau.

“Jadi pada sore hari ini, tepat pada Hari Kartini, tentu pembukaan Horti Mart ini akan mempunyai makna tersendiri,” kata Spudnik Sujono yang didampingi istri tercintanya, dan juga Direktur PPH Hortikultura Yasid Taufik, serta Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Aneka Cabai dan Sayuran Buah Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura, Agung Sanusi, Jumat (21/4/2017). 

Menurut Spudnik Sujono, tujuan pendirian Horti Mart ini tak jauh beda dengan Toko Tani Indonesia (TTI), salah satunya untuk memangkas rantai pasok yang masih panjang. “Jadi yang menjual hasil pertaniannya di sini (Horti Mart) adalah mitra-mitra kita dari petani langsung, petaninya langsung yang jual. Makanya biaya pasok tentu sudah terpotong dan harganyapun otomatis terjangkau,” papar Spudnik. 

Spudnik pun berharap, dengan adanya Horti Mart, selain membangun komunikasi dengan mitra-mitranya di lapangan seperti para petani dan kelompok tani, pihaknya juga membuka ruang bagi umum untuk membeli keperluan dapurnya di Horti Mart. “Kita terbuka untuk umum, bahkan di media online juga kita buka sebagai sosialisasi. Yang dijual di sini adalah produk-produk horti,” ujarnya. 

Terkait dengan peringatan Hari Kartini, Spudnik meminta kepada seluruh karyawan Ditjen Hortikultura supaya tidak pernah menyakiti hati seorang ibu yang telah melahirkan kita. “Janganlah kalian sakiti hati ibu, cukup sekali saja pada saat melahirkan. Jadi, saya minta berbaktilah kepada ibu dan ayah kalian dan juga kita tetap menghargai ibu-ibu Kartini,” pinta Spudnik. 

Usai berpidato, Spudnik Sujono menandatangani prasasti peresmian Horti Mart, yang selanjutnya membuka selubung papan nama Horti Mart, dan diikuti pula pengguntingan pita oleh istri Spudnik Sujono tanda pengoperasian Horti Mart. 

Sesdit Hortikultura Ajak Pegawainya Belanja di Horti Mart 

Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Hortikultura Kementan Sri Wijayanti Yusuf mengajak seluruh pegawai Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura berbelanja kebutuhan dapur di Horti Mart yang berada di kantornya. "Dengan adanya Horti Mart ini, kami harap semua karyawan karyawati Ditjen Hortikultura belanjanya di Horti Mart. Jangan lagi ibu-ibu tiap pagi saya lihat mengerubuti tukang sayur yang lain, cukup di sini aja belanjanya," pinta Sri dalam sambutannya. 

Dia menambahkan, program Kementan soal Gerakan Tanam Cabai (Gertam) di pekarangan dalam polybag akan terus dilakukan sepanjang tahun 2017 ini, bahkan hingga tahun 2018 nanti. Dimana Ditjen Hortikultura secara nasional akan mendistribusikan sebanyak 15 juta tanaman cabai dalam polybag. “Untuk tetangga kita di sini (wilayah Kantor Ditjen Hortikultuira), kita undang mereka dan kita berikan sebanyak 500 bibit cabai dalam polybag sekaligus untuk melihat Horti Mart. Hari ini adalah hari kebersamaan kita,” pungkasnya. 

Sekedar diketahui, berbagai produk hortikultura segar dipacking dalam satu kemasan dijual di Horti Mart dengan harga yang terjangkau seperti bawang putih Rp 20.000 setengah kilogram, bawang merah Rp 13.000 setengah kilogram, cabai merah Rp 12.000 setengah kilogram, cabai rawit merah Rp 13.000 dua ons. Selain itu, produk lainnya juga dijual seperti wortel, tomat, buncis, salak, jeruk, pisang, belimbing, papaya, alpukat, telor hingga kue dan sambal siap saji.(p/mk)